• SD KATOLIK RICCI II
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

Kurikulum dan Rencana Strategis

I. KURIKULUM 2013 (K13)

Adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum - 2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum 2013 mempunyai empat kompetensi inti (KI) yang berisi tujuan dari proses pembelajaran. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi. Kurikulum 2013 tidak hanya menekankan kepada pengusaan kompetensi siswa, melainkan juga   pembentukkan karakter. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik integratif. Dalam pembelajaran menggunakan tema dan sub tema.

Satu tahun terdiri dari 8 – 9 tema. Satu tema disajikan dalam bentuk  satu buku sehingga dalam setahun ada 8 - 9 buku. Semester I terdiri dari 4 – 5 tema/ buku. Semester II  terdiri atas 4 tema / buku. Tiap tema dibagi lagi menjadi 3 – 4 sub tema. Satu tema akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 bulan sedangkan setiap sub tema akan ditempuh dalam waktu kurang lebih satu minggu. Mata pelajaran dalam kurikulum 2013 disebut dengan istilah muatan pelajaran, di dalamnya terdiri dari:

  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Pengetahuan Alam ( khusus kelas 1 – 3 ) diintegrasikan ke dalam bahasa Indonesia )
  • Ilmu Pengetahuan Sosial ( khusus kelas 1 – 3 ) diintegrasikan ke dalam bahasa Indonesia )
  • Seni Budaya dan Prakarya (Termasuk Muatan lokal)
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Termasuk Muatan lokal)
  • Bahasa Daerah (Sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing)

Penilaian dalam kurikulum 2013:

  1. Kompetensi Inti ( KI 1 ) dilakukan melalui pengamatan dan penilaian diri atau penilaian antar teman. KI 1meliputi :
  2. Ketaatan beribadah
  3. Berperilaku Syukur
  4. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  5. Toleransi dalam beribadah.
  6. Kompetensi Inti 2 ( KI 2 ) dilakukan melalui pengamatan dan penilaian diri atau penilaian antar teman. KI 1meliputi:
  7. Sikap Jujur
  8. Sikap disiplin
  9. Sikap tanggung jawab
  10. Sikap santun
  11. Sikap peduli
  12. Sikap percaya diri
  13. Kompetensi Inti 3 (KI 3) dilakukan melalui Penilaian harian, PR dan tugas, Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester.
  14. Kompetensi Inti 4 (KI 4) dilakukan melalui kegiatan praktik, produk, dan proyek dalam setiap akhir sub tema.

KI 1 dan KI 2 penilaian dilakukan setiap hari, sedangkan KI 3 dan KI 4 penilaian   dilakukan pada setiap akhir sub tema. Penilaian K1 1 dan KI 2 dituangkan di raport dalam bentuk deskripsi sedangkan penilaian KI 3 dan KI 4 di rapor dalam bentuk angka dan deskripsi.

PERAN ORANG TUA

Peranan orang tua dalam kurikulum 2013, orang tua memiliki peranan penting dalam mendampingi dan membimbing anak di rumah. Dalam pembelajaran kurikulum 2013, setiap anak akan terlihat potensinya masing-masing. Oleh sebab itu orang tua harus bisa memahami, bahwa setiap anak punya potensi yang berbeda. Orang tua sebaiknya membantu  anak untuk mengasah potensinya yang paling unggul dibidangnya, karena ahli itu hanya pada satu bidang tidak semua bidang.

 

 II. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

Dimensi Sikap

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:

  1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
  2. berkarakter, jujur, dan peduli
  3. bertanggungjawab
  4. pembelajar sejati sepanjang hayat
  5. sehat jasmani dan rohani

Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Dimensi Pengetahuan

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:

  1. Ilmu Pengetahuan
  2. Teknologi
  3. Seni, dan
  4. Budaya

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Faktual

Pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Konseptual

Terminologi/istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, dan generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Prosedural

Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

Metakognitif

Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

Dimensi Ketrampilan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:

  1. Kreatif
  2. Produktif
  3. Kritis
  4. Mandiri
  5. Kolaboratif, dan
  6. Komunikatif

Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan 

  1. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum SD memuat 8 mata pelajaran, 4 muatan lokal, dan pengembangan diri. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD merupakan IPA Terpadu dan IPS Terpadu. Pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan tematik (menggunakan kurikulum 2013). Struktur Kurikulum SD Katolik Ricci II sebagai berikut :

 

NO

 

KOLOMPOK

                                            KELAS

I

II

III

IV

V

VI

A

UMUM

 

 

 

 

 

 

1

Agama Dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2

PPKn

5

5

5

4

4

4

3

Bahasa Indonesia

7

7

7

7

7

6

4

Matematika

6

6

6

6

6

6

5

IPA

-

-

-

3

3

3

6

IPS

-

-

-

3

3

3

7

Seni Budaya dan Prakarya

4

4

4

4

4

4

8

PJOK

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

28

28

28

33

33

32

 

 

 

 

 

 

 

 

B

MUATAN LOKAL

 

 

 

 

 

 

9

Religiusitas

1

1

1

1

1

1

10

Bahasa Inggris

2

2

2

2

2

2

11

Mandarin

1

1

1

1

1

1

12

TIK

1

1

1

1

1

2

13

Pendidikan Lingkungan Hidup

1

1

1

1

1

1

14

BK

1

1

1

1

1

1

15

Religiusitas

1

1

1

1

1

1

 

Jumlah

36

36

36

41

41

41

C

Pengembangan Diri

B

 B

 B

 B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. KETUNTASAN BELAJAR

Dengan mempertimbangkan intake/tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas/tingkat kesulitan materi dan daya dukung dalam penyelenggaraan pembelajaran, SD Katolik RICCI II menetapkan ketuntasan belajar minimal sebagai berikut:

               

REKAP KKM

             

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

             
                 

NO

MATA PELAJARAN

KKM

RATA2 KKM

1

2

3

4

5

6

1

AGAMA

75

75

75

75

75

75

75

2

PKN

70

70

70

70

70

70

70

3

BAHASA INDONESIA

70

70

70

70

70

70

70

4

MATEMATIKA

70

70

70

70

70

70

70

5

IPA / SAINS

70

70

70

70

70

70

70

6

PENGETAHUAN SOSIAL

70

70

70

70

70

70

70

 

KELOMPOK B (Umum)

 

 

 

 

 

 

 

8

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA

75

75

75

75

75

75

75

9

PEND. JASMANI OLAH RAGA & KESEHATAN

75

75

75

75

75

75

75

 

a. Bahasa Inggris

70

70

70

70

70

70

70

 

b. Religiusitas

70

70

70

70

70

70

70

 

c. Komputer

75

75

75

75

75

75

75

 

d. Pendidikan Lingkungan Hidup

75

75

75

75

75

75

75

 

e. Bahasa Mandarin

70

70

70

70

70

70

70

 

Pengembangan Diri

B

B

B

B

B

B

B

                 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Halaman Lainnya
TATA TERTIB SD KATOLIK RICCI II

TUJUAN   Tata tertib ini dibuat dengan tujuan : Menjaga kelancaran dan kenyamanan kegiatan sekolah Memupuk kedisiplinan sejak dini yang menjadi dasar salah satu pembentukan keprib

05/09/2020 18:38 - Oleh Ignatius Santoso, S.Pd - Dilihat 46 kali
PENGEMBANGAN DIRI ( EKSTRAKURIKULER)

  HARI EKSTRAKURIKULER KELAS WAKTU KOORDINATOR TEMPAT Senin Basket III - V 13.00 - 14.00 Ibu Winda Hall Yayasan   Fun English VI 13.00 -

05/09/2020 17:05 - Oleh Ignatius Santoso, S.Pd - Dilihat 48 kali
KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KALENDER AKADEMIK SEMESTER 1 JULI 2020 HBE = 11           LU = 0           Minggu   5 12 19 26

05/09/2020 11:55 - Oleh Ignatius Santoso, S.Pd - Dilihat 32 kali
Syarat & Ketentuan PPDB

  Pendaftaran dilakukan secara online pada halaman web : http://sdricci2.sekolahricci.sch.id Pembayaran uang  pendaftaran sebesar Rp.150.006( Seratus Lima Puluh Ribu Enam R

05/09/2020 01:09 - Oleh Administrator - Dilihat 162 kali
Karakter Anak Ricci

Respect Menghormati sesama, toleran pada perbedaan, dan bersikap terhormat Memperlakukan orang lain dengan rasa hormat Menerima dan toleransi pada perbedaan suku, ras, agama dan budaya

11/08/2020 01:11 - Oleh Administrator - Dilihat 53 kali