KURIKULUM DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
- KURIKULUM
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum 2006 yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 ( K13 ) memiliki kompetensi inti ( KI ) yang berisi tujuan dari proses pembelajaran. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut.
- Komoetensi Inti – I ( KI 1 ) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
- Kompetensi Inti – 2 ( KI2 ) untuk kompetensi inti sikap sosial.
- Kompetensi Inti – 3 ( KI 3 ) untuk kompetensi inti pengetahuan.
- Kompetensi Inti – 4 ( KI 4 ) untuk kompetensi inti ketrampilan.
Kurikulum 2013 merupakan urikulum yang berbasis karakter dan kompetensi. Kurikulum 2013 tidak hanya menekankan kepada penguasaan kompetensi siswa, melainkan juga pembentukan karakter. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik integrative. Dalam pembelajaran menggunakan tema dan sub tema.
Satu tahun terdiri dari 8 tema untuk kelas 1 – 3, dan 9 tema untuk kelas 4 - 6. Satu tema disajikan dalam bentuk satu buku sehingga dalam setahun ada 8 buku untuk kelas 1 – 3, dan 9 buku untuk kelas 4 – 6. Semester 1 kelas 1-3 terdiri dari 4 tema sedangkan kelas 4-6 terdiri dari 5 tema/buku. Semester 2 kelas 1 – 6 terdiri dari 4 buku atau tema. Satu tema akan ditempuh dengan waktu kurang lebih satu bulan dan setiap sub tema akan ditempuh dalam waktu kurang lebih satu minggu. Mata pelajaran dalam kurikulum 2013 disebut dengan istilah muatan pelajaran, di dalamnya terdiri dari :
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Matematika
- Bahasa Indonesia
- Ilmu Pengetahuan Alam. Kelas 1–3 diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
- Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1–3 diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
- Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
- Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (Penjasorkes)
- Muatan Lokal yang terdiri dari :
- Bahasa Inggris
- TIK
- PLH
2.PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013
Kompetensi Inti ( KI 1 ) dilakukan melalui pengamatan dan penilaian diri atau penilaian antar teman. KI 1 meliputi :
- Ketaatan beribadah
- Berperilaku Syukur
- Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- Toleransi dalam beribadah
- Kompetensi Inti 2 ( KI 2 ) dilakukan melalui pengamatan dan penilaian diri atau penilaian antar teman. KI 2 meliputi:
- Sikap jujur
- Sikap disiplin
- Sikap Tanggung Jawab
- Sikap santun
- Sikap peduli
- Sikap percaya diri
- Kompetensi Inti 3 ( KI 3 ) dilakukan melalui penilaian harian, PR dan tugas, Penilaian Tengah Semester ( PTS ), dan Penilaian Akhir Semester ( PAS ).
- Kompetensi Inti 4 ( KI 4 ) dilakukan melalui kegiatan praktik, produk, dan proyek dalam setiap akhir sub tema.
KI 1 dan KI 2 penilaian dilakukan setiap hari, sedangkan KI 3 dan KI 4 penilaian dilakukan pada setiap akhir sub tema. Penilaian KI 1 dan KI 2 dituangkan di raport dalam bentuk deskripsi sedangkan penilaian KI 3 dan KI 4 di rapor dalam bentuk angka dan deskripsi.
3.PERAN ORANG TUA.
Peranan orang tua dalam kurikulum 2013, orang tua memiliki peranan penting dalam mendampingi dan membimbing anak di rumah. Dalam pembelajaran kurikulum 2013, setiap anak akan terlihat potensinya masing-masing. Oleh sebab itu orang tua harus bisa memahami bahwa setiap anak punya potensi yang berbeda. Orang tua sebaiknya membantu anak untuk mengasah potensinya yang paling unggul dibidangnya, karena ahli itu hanya pada satu bidang tidak semua bidang.
4. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Dimensi Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Berkarakter, jujur, dan peduli.
- Bertanggung Jawab.
- Pembelajar sejati sepanjang hayat.
- Sehat jasmani dan rohani.
Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
Dimensi Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:
- Ilmu pengetahuan
- Teknologi
- Seni, dan
- Budaya
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
Faktual
Pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Konseptual
Terminologi/ istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
Prosedural
Pengetahuan tentang cara melalukan sesuatu kegiatan yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
Metakognitif
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
Dimensi Ketrampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
- Kreatif
- Produktif
- Kritis
- Mandiri
- Kolaboratif, dan
- Komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan.
Kota Tangerang Selatan, 17 Juli 2021
SD RICCI II
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Panduan Pengisian PPDB Online
Unable to display PDF file. Download instead.
Profil SD Ricci II TP 24/25
Karakteristik SD Katolik Ricci II SD Katolik Ricci II berdiri sejak tahun 1989, merupakan pengembangan dari Sekolah Ricci yang awalnya di area Taman Sari Jakarta Barat berkesempat
ASESMEN NASIONAL DAN UJIAN SEKOLAH
A. ASESMEN NASIONAL (AN) Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah &
PENILAIAN HASIL BELAJAR PELAYANAN PESERTA DIDIK, KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
PENILAIAN HASIL BELAJAR Penilaian merupakan kegiatan guru terkait dengan pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik yang mencerminkan pencapaian kompetensi selama pros
KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
HE = 11 12-14 M
Sangat membantu