• SD KATOLIK RICCI II
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

Karya Matteo Ricci, SJ

  • Matteo Ricci, missionaris di Cina, pada mulanya mengalami tantangan yang sangat berat untuk diterima sebagai manusia yang bernilai. Pada waktu itu orang Cina, terutama pemerintahan dan ilmuwan, menganggap orang lain di dunia seperti “orang barbar”, orang kolot atau tidak berbudaya.
  • Maka dia tidak menunjukkan diri sebagai “barbar” yang mau menguasai negara lain, melainkan sebagai orang yang datang untuk belajar kekayaan budaya Cina, dan kemudian memperkenalkan pengetahuan dari negara barat yang belum dimiliki oleh orang Cina.
  • Maka usaha utama Matteo Ricci adalah menghargai kesenian, budaya, ilmu. Dia mempelajari tulisan-tulisaan dari Ilmuwan kuno dan mendekati serta bersahabat dengan ilmuwan dan bangsawan pada waktu itu.
  • Sesudah mereka terima dia, Matteo Ricci membawa kepada mereka pengetahuan dalam ilmu matematika, astronomi dan teknis, yang dia kuasai, dan yang belum dimiliki oleh orang Cina. Misalnya dia membuat peta dunia, dengan menggambarkan benua dan negara barat, sehingga mereka mengetahui letaknya negara yang mereka anggap barbar; begitu juga membuat arloji besar, yang teknisnya belum diketahui oleh orang Cina pada waktu itu.
  • Dengan demikian ilmuwan mulai menghargai dan menghormati dia, menerimanya seperti ilmuwan di tengah mereka. Raja juga menghargai dia dan menjadi sahabatnya karena dia merasa bahwa benar Matteo Ricci menghargai ilmu dan budaya Cina, dan mau mengembangkannya.
  • Karya yang sangat berguna adalah tulisannya dan terjemahannya dalam bahasa Cina. Dia membuat karangan kecil tentang “Persahabatan”, yang sangat laku dan sangat dihargai oleh ilmuwan dan bangsawan.
  • Dia terjemahkan karya tokoh/ilmuwan/filsuf Eropah untuk memperkenalkan mereka pada orang Cina.
  • Dengan demikian ia menjadi seperti jembatan antara timur dan barat: dia memperkenalkan budaya dan ilmu barat dan memperkenalkan juga ilmu dan budaya Cina di Eropah. Dia menjadi orang yang mempertemukan timur dan barat, yang mempertemukan budaya dan ilmu yang sebelumnya tinggal jauh.
  • Matteo Ricci juga, bukan menghargai saja budaya Cina, tetapi dia sungguh berusaha menjadi seperti orang Cina dalam memilih cara berpakaian, cara berpikir, cara bersopan santun

Halaman Lainnya
ASESMEN NASIONAL DAN UJIAN SEKOLAH

 A. ASESMEN NASIONAL (AN) Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah,  madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah  &

23/11/2021 13:40 - Oleh SD Katolik Ricci II - Dilihat 374 kali
PENILAIAN HASIL BELAJAR PELAYANAN PESERTA DIDIK, KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN

PENILAIAN HASIL BELAJAR Penilaian merupakan kegiatan guru terkait dengan pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik yang mencerminkan pencapaian kompetensi selama pros

23/11/2021 13:36 - Oleh SD Katolik Ricci II - Dilihat 790 kali
KURIKULUM DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KURIKULUM Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikul

23/11/2021 13:32 - Oleh SD Katolik Ricci II - Dilihat 514 kali
KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

                                          HE = 11   12-14 M

13/10/2021 07:15 - Oleh SD Katolik Ricci II - Dilihat 781 kali
UNGGUL, PERCAYA DIRI, SENANG SEKOLAH, DAN SWAKARYA

Peran sekolah swasta dalam ikut membangun mencerdaskan kehidupan bangsa sungguh luar biasa, SD Katolik Ricci II juga merupakan salah satu lembaga yang berkecimpung dalam dunia pendidika

13/10/2021 07:04 - Oleh SD Katolik Ricci II - Dilihat 231 kali